Menyiapkan Resume Kerja

Sebelum melamar pekerjaan tentunya Anda harus melengkapi setiap persyaratan yang diajukan oleh perusahaan tersebut. Beberapa persyaratan tersebut adalah menyertakan resume atau yang biasa disebut dengan surat lamaran kerja. Pembuatan resume ini sangatlah penting karena dari resume itu perusahaan akan menilai apakah Anda layak diterima atau tidak.

Diluar sana mungkin ada banyak orang yang sedang melamar pekerjaan tetapi mereka kebanyakan tidak tahu cara membuat resume dengan benar. Akhirnya banyak orang yang ditolak karena tidak bisa membuat resume atau resume nya tidak diterima dengan baik oleh perusahaan. Sangat disayangkan apabila ada seseorang yang sangat mumpuni dalam suatu bidang dan akhirnya tidak diterima disuatu perusahaan karena gagal membuat resume.

Harapan seseorang pada saat melamar pekerjaan adalah segera diterima untuk bekerja, maka dari itu haruslah memenuhi salah satu persyaratan yaitu membuat resume. Ada beberapa tips ataupun langkah membuat resume yang benar. Hal ini perlu dilakukan agar Anda yang ingin melamar pekerjaan tidak mengalami kegagalan. Berikut cara membuat resume kerja yang baik dan benar untuk melamar pekerjaan.

Apa yang Dimaksud Dengan Resume
Dalam Bahasa Indonesia resume sering disebut dengan surat lamaran pekerjaan yang merupakan surat yang dibuat untuk keperluan permohonan bergabung atau bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi atau jabatan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahan penyedia lowongan kerja. Resume yang baik adalah resume yang memenuhi standar atau persyaratan yang diajukan oleh perusahaan.

Sedangkan pihak yang biasa mengecek resume dan menerima orang yang melamar kerja disebut dengan HRD (Human Research Development). Pihak HRD juga akan melakukan seleksi pendaftaran dan resume juga interview nantiny. Maka dari itu sebelum membuat dan mengirim berkas surat lamaran Anda ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar lamaran anda diterima dengan baik oleh HRD.

Pada umumnya format penulisan resume ini sama tidak ada perbedaan yang signifikan. Format ini haruslah ditulis secara urut dan benar. Jika terbalik ataupun ada salah satu bagian yang tidak tercantum ini akan mengurangi kesempatan Anda untuk diterima kerja. Dibawah ini beberapa format penulisan resume.

Tanggal dan Tempat Penulisan
Nama Perusahan dan Alamat Lengkap Perusahaan
Salam Pembuka / Salam Hormat
Tulis Kata Pengantar yang Baik
Lengkapi Biodata Diri
Cantumkan Pengalaman Kerja atau Keahlian yang anda miliki
Penutup dan salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *