Kiat Sukses Mendapatkan Pekerjaan

 

Hal-hal yang perlu untuk dipersiapkan sebelum mencari pekerjaan adalah sebagai berikut, 

1. Manfaatkan situs pencari kerja

Situs pencari kerja online merupakan cara yang efektif untuk menemukan info lowongan kerja.
Cari dengan menggunakan berbagai kata kunci yang berhubungan dengan lowongan kerja yang kamu cari. Misalnya, spg, staff administrasi, teknisi, pengantaran, ataupun pegawai pabrik, dsb.

2. Jalin koneksi

Jalin koneksi dengan seseorang yang telah sukses di pekerjaan yang kamu minati. Manfaatkan situs seperti LinkedIn, Twitter, dsb untuk mengikuti dan belajar dari mereka. Informasi mengenai pekerjaan semakin mudah didapat di era internet seperti sekarang. Motivasi diri untuk terus belajar guna meraih sukses.

 

3. Tinjau CV/resume

Menyusun resume yang baik akan membantu kamu untuk maju ke tahap wawancara. Tonjolkan kelebihanmu. Sertakan juga kursus atau kerja sukarela yang kamu lakukan karena ini menunjukkan inisiatif untuk mengembangkan keterampilan kerja.

 

Jika kamu memiliki profil LinkedIn, pastikan profilmu sudah diperbarui. Hal pertama yang akan dilakukan perusahaan sebelum mewawancarai kandidat adalah dengan memeriksa profil di media sosial mereka. Jadi kamu harus bisa menunjukkan kesan yang baik.

 

Jangan lupa untuk menyesuaikan CV/resume sesuai dengan posisi dan deskripsi pekerjaan yang tercantum dalam iklan lowongan kerja.

 

4. Berpenampilan baik

Kesan pertama adalah segalanya. Berpakaian yang tepat untuk wawancara kerja adalah sesuatu yang tidak boleh diabaikan.

 

Sesuaikan penampilan dengan industri yang kamu lamar. Jika kamu mencari pekerjaan di industri keuangan, misalnya, gunakanlah pakaian bisnis yang formal.

 

5. Latihan wawancara

Biasanya apapun yang kamu tulis dalam CV/resume akan ditanya saat wawancara. Jadi ada baiknya kamu sudah membayangkan pertanyaan apa yang kira-kira akan ditanyakan dan mempersiapkan jawabannya. Luangkan waktu untuk mempraktekkan tanya jawab wawancara agar kamu benar-benar siap.

 

Ingat juga bahwa hanya karena kamu menjawab pertanyaan saat wawancara, bukan berarti pewawancara tidak ingin kamu mengajukan pertanyaan juga. Karenanya, penting untuk menyiapkan pertanyaan kepada pewawancara. Pertanyaan yang bagus bisa mencakup hal-hal seperti tantangan yang mungkin dihadapi dalam pekerjaan, peluang karir, dsb.

 

Mendapatkan pengalaman wawancara sangat berharga. Semakin banyak wawancara yang kamu lakukan, semakin baik dan terlatih dirimu untuk menjawab pertanyaan pewawancara.

 

6. Bersiap untuk ditolak

Sayangnya, penolakan adalah bagian dari proses berburu pekerjaan. Tetapi penting agar kamu terus mencoba dan tidak kehilangan harapan. Berusaha dan berdoa. Setiap kegagalan adalah satu langkah lebih dekat menuju kesuksesan dan mencari pekerjaan adalah proses yang panjang.

 

Semoga membantu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *